Hukum Bermakmum dengan Imam Lain Madzhab
Assalamu โalaikum Wr. Wb.
Redaksi bahtsul masail NU Online, sebelumnya, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya Sulkhan, seorang mahasiswa baru di salah satu universitas di Yogyakarta. Saya ingin bertanya, bagaimana hukumnya jika orang yang bermadzhab Imam Syafi'i yang notabene mewajibkan basmalah pada setiap Surat Al-Fatihah dalam shalat menjadi makmum terhadap imam yang tidak membaca basmalah pada Surat Al-Fatihah dalam shalat (bisa jadi madzhab lain, Muhammadiyah atau juga Wahabi)? Terima kasih. Wassalamu โalaikum Wr. Wb. (Sulkhan/ Yoyakarta).
Jawaban
Assalamu โalaikum Wr. Wb.
Penanya yang budiman, semoga Allah SWT menurunkan rahmatNya untuk kita semua. Keragaman di negara kita ini tidak dapat dihindarkan. Ia adalah keniscayaan yang merupakan sunatullah yang patut untuk disyukuri dan disikapi dengan bijak, tidak terkecuali dalam urusan keyakinan bermadzhab.
Membaca basmalah dalam Surat Al-Fatihah memang menjadi permasalahan yang diperselisihkan di antara ulama. Menurut Madzhab SyafiโI, membaca basmalah di setiap rakaat sebelum membaca Surat Al-Fatihah adalah wajib. Kalangan madzhab Hanafi dan Hanbali berpendapat sunah. Menurut madzhab Maliki, hukumnya makruh sebagai tercantum pada kitab Al-Fiqh alal Madzahibil Arba'ah karya Syekh Abdurrahman Al-Jaziri, Beirut, Darul Fikr, 2008 M, juz I, halaman 221.
Dalam kaitannya dengan shalat berjamaโah, menurut pendapat kuat dalam madzhab Syafiโi, salah satu yang harus terpenuhi bagi makmum adalah tidak meyakini batal shalat imamnya. Semisal makmum bermadzhab Syafiโi yang meyakini wajibnya basmalah, sedangkan imamnya bermadzhab Hanafi yang meninggalkan bacaan basmalah karena meyakini bahwa basmalah hanya sunah. Dalam kasus tersebut, shalatnya makmum tidak sah.
Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami dalam Al-Minhajul Qawimmengatakan sebagai berikut:
ููุฃููู ููุง ููุนูุชูููุฏู ุจูุทูููุงููููุง ) ุฃููู ุจูุทูููุงูู ุตูููุงุฉู ุฅูู
ูุงู
ููู ...ุงูููู ุงููู ููุงูู...(ููุญูููููููู) ุฃููู ุบูููุฑููู ุงูููุชูุฏูู ุจููู ุดูุงููุนูููู ููููุฏู (ุนูููู
ููู ุชูุฑููู ููุฑูุถูุง) ููุงููุจูุณูู
ูููุฉู ู
ูุง ููู
ู ูููููู ุฃูู
ูููุฑุงู ุฃููู ุงูุทููู
ูุฃูููููููุฉู ุฃููู ุฃูุฎูููู ุจูุดูุฑูุทู ููุฃููู ููู
ูุณู ุฒูููุฌูุชููู ููููู
ู ููุชูููุถููุฃู ููููุง ููุตูุญูู ุงููุชูุฏูุงุกู ุงูุดููุงููุนูููู ุจููู ุญูููููุฆูุฐู ุงูุนูุชูุจูุงุฑูุง ุจูุงุนูุชูููุงุฏู ุงููู
ูุฃูู
ูููู
ู ููุฃูููููู ููุนูุชูููุฏู ุฃูููููู ููููุณู ูููู ุตูููุงุฉู
Artinya, โDi antara syarat berjamaโah adalah makmum tidak meyakini batalnya shalat imamnya. Seperti imam yang bermadzhab Hanafi yang diikuti oleh makmum bermadzhab Syafiโi, sementara makmum Syafiโi mengetahui imamnya yang bermadzhab Hanafi meninggalkan kewajiban menurut keyakinannya seperti membaca basmalah atau thumaโninah, selama imamnya bukan pemimpin. Atau makmum mengetahui imamnya meninggalkan syarat sah shalat seperti memegang istrinya dan langsung shalat tanpa berwudhuโ terlebih dahulu. Maka tidak sah shalatnya makmum yang bermadzhab Syafiโi dalam permasalah ini, karena mempertimbangkan keyakinan makmum, sebab ia meyakini bahwa imamnya tidak berada dalam shalat yang sah,โ (Lihat Syekh Ibnu Hajar Al-Haitami, Al-Minhajul Qawim Hamisy Hasyiyah At-Tarmasi, Jeddah, Darul Minhaj, cetakan pertama, 2011, juz III, halaman 700).
Sementara menurut pendapat lemah dari madzhab Syafiโi, permasalahan sahnya berjamaโah dititikberatkan pada keyakinan imamnya, meskipun menurut madzhab yang dianut makmum menghukumi tidak sah. Dalam permasalahan imamnya yang tidak membaca basmalah karena ia bermadzhab Hanafi, sementara makmumnya bermadzhab Syafiโi yang meyakini kewajiban basmalah, maka shalatnya makmum tetap dinyatakan sah. Karena imam sudah benar melakukan tuntunan shalat sesuai dengan madzhab yang dianutnya. Berbeda apabila yang imamnya bermadzhab Hanafi melakukan kesalahan menurut madzhabnya, meskipun menurut madzhab makmumnya bukan merupakan sebuah kesalahan, maka shalatnya makmum tidak sah.
Syekh Al-Khathib As-Syarbini mengatakan:
ูููููู ุงููุชูุฏูู ุดูุงููุนูููู ุจูุญูููููููู ) ููุนููู ู
ูุจูุทูููุง ุนูููุฏูููุง ุฏูููููู ููุฃููู ( ู
ูุณูู ููุฑูุฌููู ) ุฃููู ุชูุฑููู ุงูุทููู
ูุฃููููููุฉู ุฃููู ุงููุจูุณูู
ูููุฉู ุฃููู ุงููููุงุชูุญูุฉู ุฃููู ุจูุนูุถูููุง ( ุฃููู ) ุนูููุฏููู ุฏููููููุง ููุฃููู ( ุงููุชูุตูุฏู ููุงููุฃูุตูุญูู ุงูุตููุญููุฉู ) ุฃููู ุตูุญููุฉู ุงููุงููุชูุฏูุงุกู ( ููู ุงููููุตูุฏู ุฏูููู ุงููู
ูุณูู ) ููููุญููููู ู
ูู
ููุง ุชูููุฏููู
ู ( ุงุนูุชูุจูุงุฑูุง ุจููููููุฉู ) ุฃููู ุงุนูุชูููุงุฏู ( ุงููู
ูููุชูุฏูู ) ููุฃูููููู ู
ูุญูุฏูุซู ุนูููุฏููู ุจูุงููู
ูุณูู ุฏูููู ุงููููุตูุฏู ุ ููุงูุซููุงููู ุนูููุณู ุฐููููู ุงุนูุชูุจูุงุฑูุง ุจูุงุนูุชูููุงุฏู ุงููู
ูููุชูุฏูู ุจููู
Artinya, โApabila makmum penganut madzhab Syafiโi mengikuti imam penganut madzhab Hanafi yang melakukan perkara yang membatalkan shalat menurut keyakinan makmum, bukan keyakinan imam, seperti memegang kemaluan, meninggalkan thumaโninah, basmalah, Surat Al-Fatihah atau sebagiannya, atau jika imam melakukan perkara yang membatalkan menurut keyakinannya, bukan menurut keyakinan makmum, seperti berbekam (menurut madzhab Hanafi dapat membatalkan wudhuโ, sementara menurut madzhab Syafiโi tidak membatalkan), maka menurut pendapat kuat shalat jamaโahnya makmum sah dalam permasalahan imamnya berbekam, bukan permasalahan menyentuh kemaluannya, karena mempertimbangkan pada keyakinan makmum. Sebab imam dinyatakan berhadats menurut keyakinan makmum karena menyentuh kemaluan, bukan karena berbekam. Menurut pendapat kedua, berkebalikan dari pendapat pertama (sah dalam permasalahan imamnya menyentuh kemaluan, dan tidak sah dalam persoalan imamnya berbekam), karena mempertimbangkan kepada keyakinan imam,โ (Lihat Syekh Khathib As-Syarbini, Mughnil Muhtaj, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah, cetakan ketiga, 2011 M, juz I, halalaman 332).
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa hukum shalatnya makmum yang bermadzhab Syafiโi sebagaimana ditanyakan oleh penanya di atas merupakan ikhtilaf di kalangan ulama. Menurut pendapat kuat, tidak sah. Sementara menurut pendapat lemah, sah.
Kedua pendapat tersebut memiliki tendensi masing-masing. Keduanya dapat diikuti. Saran kami, dalam kondisi tidak terdesak, sebisa mungkin agar makmum memastikan shalatnya imam tidak batal menurut keyakinan yang dianut makmum. Namun apabila kondisinya menuntut agar bermakmum kepada imam yang berbeda madzhab, seperti untuk menjaga keharmonisan hubungan bertetangga, maka tidak ada salahnya mengikuti pendapat kedua dari madzhab Syafiโi yang menghukumi sah sebagaimana penjelasan di atas.
Demikian semoga bermanfaat. Semoga kita senantiasa diberi kekuatan untuk konsisten menjalankan ibadah. Kami selalu terbuka dalam menerima kritik dan saran dari para pembaca.
Wallahul muwaffiq ila aqwamith thariq,
Wassalamu 'alaikum Wr. Wb.
(
Tidak ada komentar:
Posting Komentar