Sabtu, 26 November 2016

Tata cara Sholat Ghaib Lengkap

Tata cara Sholat Ghaib Lengkap

Sholat ghaib adalah sholat yang dilakukan ketika ada salah satu keluarga atau seorang muslim yang meninggal dunia pada tempat yang jauh, sehingga jenazanya tidak dapat dihadirkan. Untuk pelaksanaan sholatnya sendiri sama dengan pelaksanaan sholat jenazah, yang berbeda hanya pada niatnya saja. Dan mungkin untuk anda ada yang memiliki sanak saudara yang saat ini meninggal dunia, namun anda tidak dapat berkunjung secara langsung karena tempatnya yang jauh. Maka ada baiknya jika anda melakukan sholat ghaib.

Dan untuk anda yang ingin melakukan sholat ghaib untuk saudara anda, namun anda belum mengetahui cara sholat tersebut. Maka anda bisa melihat bacaan doa sholat Ghaib yang akan kami berikan secara lengkap menggunakan bahasa arab dan juga latin dibawah ini.

Niat Sholat Ghaib

Niat sholat ghaib untuk jenazah yang diketahui identitasnya.

أصلى على ميت(فلان) الغائب أربع تكبيرات فرض الكفايةلله تعالى
Saya niat sholat jenazah fulan bin fulan ghoib 4 takbir fardhu kifayati lillahi ta'ala Allohu akbar.

Niat sholat ghaib untuk jenazah yang tidak diketahui identitasnya

اصلى على من صلى عليه الإمام اربع تكبيرات فرض الكفاية مأمون لله تعالى

Saya niat sholat ghoib atas mayyit yg disholati imam 4 kali takbir fardhu kifayati ma muman lillahi ta ala Allohu akbar.

Takbir pertama

Membaca Ta’awudz dan juga Basmalah, kemudian dilanjutkan dengan mambaca Surat Al-Fatihah.

Takbir kedua
Membaca bacaan Shalawat Yaitu membaca shalawat atas Nabi Shallallahu’alaihi wasallam seperti dibawah ini.

اللهم صلى على سيدنا محمد وعلى آله سيدنا محمد كماصليت على سيدنا ابراهيم وعلى ال سيدنا إبراهيم و بارك على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد كما باركت على سيدنا ابراهيم وعلى ال سيدنا ابراهيم فلعالمين إنك حميد مجيد....

Takbir ketiga

Membacakan doa untuk si Jenazah, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW pada hadist berikut.

اللهم أغفر له وارحمه وعافيه واعف عنه وأكرم نزله ووسع مدخله واغسله بالماء و أثلج والبرد ونقه من الخطايا كمانقيت الثوب الأبيض من الدنس وابدله داراخيرامن داره واهلل خيرا من اهله وزوجا خيرا من زوجته وادخله الجنة واعده من عذاب القبر أؤمن عذاب النار...
Yaa Alloh ampunilah dia(mayat) berilah Rahmat kepadanya, selamatkan dia) (dari sesuatu yg tidak disukai) ampunilah dia dan tempatkanlah ditempat yg mulia (surga) luaskan kuburnya, mandikan dia dengan air salju dan es, bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yg putih dari segala kotoran, berilah rumah yg baik dari rumahnya (di dunia), berilah keluarga (atau istri disurga), yg lebih baik keluarganya (didunia), istri(atau suami) yg lebih baik daripada istrinya (atau suaminya), masukkan dia kesurga dan jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.

Takbir keempat

آللهم لاتحرمنا أجره ولا تفتنا بعده و غفر لنآ و لا ه

Allahumma Laa Tahrimna Ajrahu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfirlana wa lahu

Artinya:
“Ya Allah janganlah kami tidak Engkau beri pahalanya, dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya, dan berilah ampunan kepada kami dan kepadanya”

Terakhir Membaca Salam

اسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Catatan :
Utk jenazah perempuan tinggal dirubah saja kalimatnya contoh :

اللهم أغفر له: utk laki-laki 👨

اللهُ أغفر لها :utk perempuan 👩

Demikian  Tata cara  Sholat Ghaib yang sekiranya dapat kami sampaikan kepada anda pada kesempatan kali ini.
Semoga ada manfaatnya... Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar