Berkah Orang Shaleh
Pertanyaan:
Bolehkah mencari berkah dari orang shaleh? Benarkah bertentangan dengan Agama? Andy Bandung
Jawaban:
Berkah artinya adalah 'bertambahnya nilai kebaikan.' Selama berkah ditujukan meminta kepada Allah, maka diperbolehkan. Sementara orang shaleh hanya perantara saja. Berikut ini dalil-dalilnya.
Rasulullah mencari berkah air wudluโ umat Islam:
ุนููู ุงุจููู ุนูู ูุฑู ููุงูู ููููุชู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููู ุงููููุถููุกู ู ููู ุฌูุฑูู ุฌูุฏููุฏู ู ูุฎูู ููุฑู ุฃูุญูุจูู ุฅููููููู ุฃูู ู ู ููู ุงููู ูุทูุงููุฑูุ ููููุงูู ูุง ุจููู ู ููู ุงููู ูุทูุงููุฑู ุฅูููู ุฏูููู ุงูููู ุงููุญูููููููููุฉู ุงูุณููู ูุญูุฉู ููุงูู ููููุงูู ุฑูุณูููู ุงูููู gููุจูุนูุซู ุฅูููู ุงููู ูุทูุงููุฑู ููููุคูุชูู ุจูุงููู ูุงุกู ููููุดูุฑูุจููู ููุฑูุฌูู ุจูุฑูููุฉู ุฃูููุฏูู ุงููู ูุณูููู ูููู (ุฑูุงู ุงูุทุจุฑุงูู)
โDiriwayatkan dari Ibnu Umar, bahwa ia bertanya kepada Nabi: Ya Rasulallah, apakah berwudlu dari wadah baru yang tertutup ataukah dari tempat-tempat berwudluโ yang lebih engkau senangi? Rasulullah menjawab: Tidak. Tapi dari tempat-tempat berwudluโ. Agama Allah adalah yang condong dan mudah. Ibnu Umar berkata: Kemudian Rasulullah menyuruh seseorang ke tempat-tempat berwudluโ dan beliau diberi air wudluโ, kemudian beliau meminumnya. Beliau mengharap berkah dari tangan-tangan umat Islamโ (HR Thabrani dalam al-Kabir No 235, al-Ausath No 806, al-Baihaqi dalam Syuโab al-Iman No 2669 dan Abu Nuaim 8/203)
Derajat Hadis adalah โHasanโ, berdasarkan penilaian mayoritas ulama. al-Hafidz al-Haitsami berkata: โDiriwayatkan oleh al-Thabrani dalam al-Ausath, para perawinya dinilai terpercaya. Dan Abdul Aziz bin Abi Rawad adalah terpercaya, dinisbatkan kepada golongan Murjiahโ (Majmaโ az-Zawaid 1/133)
Syaikh Albani pun memasukkan hadis diatas dalam kitabnya as-Silsilah ash-Shahihah 5/117. Albani berkata: โAbdul Aziz bin Abi Rawad diperselisihkan oleh ulama, mayoritas menilainya terpercaya. Menurut saya, pendapat yang unggul adalah dia di level tengah hadis hasan, apalagi ia diriwayatkan oleh Bukhari dalam sahihnya. Al-Hafidz (Ibnu Hajar) berkata: Sangat jujur, kadang salah. al-Haitsami berkata: โDiriwayatkan oleh al-Thabrani dalam al-Ausath, para perawinya dinilai terpercaya. Dan Abdul Aziz bin Abi Rawad adalah terpercaya, dinisbatkan kepada golongan Murjiahโ. Saya berkata: Muslim berhujjah dengannya. Dan faktor dia menjadi murjiah tidaklah berpengaruh, sebagaimana ditetapkan dalam Mushtalah al-Hadisโ.
Dalil lainnya, diriwayatkan dari Aisyah, bahwa:
ุนููู ุนูุฑูููุฉู ุนููู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุฑูุถููู ุงูููู ุนูููููุง ุฃูููู ุฑูุณูููู ุงูููู g ููุงูู ุฅูุฐูุง ุงุดูุชูููู ููููุฑูุฃู ุนูููู ููููุณููู ุจูุงููู ูุนููููุฐูุงุชู ููููููููุซูุ ููููู ููุง ุงุดูุชูุฏูู ููุฌูุนููู ููููุชู ุฃูููุฑูุฃู ุนููููููู ููุฃูู ูุณูุญู ุจูููุฏููู ุฑูุฌูุงุกู ุจูุฑูููุชูููุง
(ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ุฑูู 5016)
"Ketika Rasulullah Saw sakit beliau membaca Surat al-Falaq dan an-Nas, beliau lalu meniupnya. Jika semakin parah, maka saya membacakannya dan saya usap tangan beliau, untuk mengaharap berkahnya" (HR al-Bukhari No 5016)
Diriwayatkan Asmaโ binti Abu Bakar berkata:
ููุงููุชู ููุฐููู ููุงููุชู ุนูููุฏู ุนูุงุฆูุดูุฉู ุญูุชููู ููุจูุถูุชู ููููู ููุง ููุจูุถูุชู ููุจูุถูุชูููุง ููููุงูู ุงููููุจูููู g ููููุจูุณูููุง ููููุญููู ููุบูุณูููููุง ููููู ูุฑูุถูู ููุณูุชูุดูููู ุจูููุง (ุฑูุงู ุงุจู ุฏุงูุฏ ูู ุณูู ูุงูุจุฎุงุฑู ูู ุงูุงุฏุจ ุงูู ูุฑุฏ)
โJubah ini (pada mulanya) dipegang oleh Aisyah sampai ia wafat. Setelah wafat saya ambil jubah tersebut. Rasulullah e memakai jubah ini. Kami membasuhnya untuk orang-orang yang sakit, kami mengharap kesembuhan melalui jubah tersebutโ. (HR. Abu Dawud, Muslim dan al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad)
Dari sebuah hadis sahih ketika Rasulullah Saw memamah kurma yang kemudian diberikan kepada anak yang baru lahir, Imam Nawawi berkata: "Para ulama sepakat disunahkannya memamah makanan. Dan dianjurkan yang memamah tadi adalah orang shaleh dan orang-orang yang diharapkan berkahnya, laki-laki atau wanita" (Syarah Sahih Muslim 14/122)
Ad-Dumairi dalam kitabnya Hayatul Hayawan al-Kubra (1/100-101) meriwayatkan bahwa Imam Syafii juga mengambil berkah dari air basuhan jubah Imam Ahmad bin Hanbal. Dan masih banyak dalil tabarruk lain dari para sahabat maupun para ulama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar