Senin, 08 Mei 2017

BURUK SANGKA KEPADA ALLAH SWT

BURUK SANGKA KEPADA ALLAH SWT

A.Pembahasan

Syaih Al-Allamah Dr. Shalih bin fauzan berkata, “sesungguhnya berbaik sangka kepada allah adalah tuntutan dan kewajiban bertauhid kepada allah, sedang buruk sangka kepada-Nya adalah menghilangkan tauhid. (Ighatsatul Mustafid bi syarhi Kitabit tauhid)

B.Makna Buruk sangka Kepada Allah

Buruk sangka dalam bahasa arab disebutsu’uzhan, yang mana terdiri dari dua kata, yaitu su’u dan zhan. Su’u artinya jelek. Adapun Zhan artinya mempunyai beberapa arti :

Pertama bermakna : yakin atau mengetahui ( sebagaimana dalam al-quran surah al-baqarah ayat 46)

Kedua bermakna : sangkaan belaka yang tidak ada dalilnya ( sebagaimana dalam surah An-najm ayat 28)

Ketiga bermakna : sangkaan yang dibangun di atas prediksi dan kemungkinan yang kuat. Adapun zhan disini ( dalam konteks su’uzhan kepada allah) adalah sangkaan yang tidak ada dalilnya atau dibangun diatas kebodohan, karena mustahil kita bawa kepada dua makna yang lain ( makna pertama dan ketiga)

C.Hukum buruk sangka kepada Allah

Berburuk sangka kepada Allah SWT hukumnya adalah haram dan terlarang, berdasarkan alqur’an, hadits, dan akal sehat.

1.Dalil dari alqur’ann

Allah berfirman,”dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu berprasangka buruk kepada allah. Mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang amat buruk dan allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka jahanam, dan (neraka Jahannam) itulah sejahat jahatnya tempat kembali.” (QS. Al-Fath;6).

2.Dalil dari hadits Nabi

Rosulullah bersabda : “ jauhilah oleh kalian dari berburuk sangka karena buruk sangka adalah sedusta-dusta ucapan .”(HR. Al-bukhori : 5143). Hadits ini mencakup berburuk sangka pada sesamaa manusia atau pada allah dan berburuk sangkapada allah lebih layak untuk dilarang.

3.Logika akal sehat

Adapun secara akal sehat, maka apakah layak bagi hamba yanglemah untuk berburuk sangka kepada Allah yang memiliki sifat rububiyah, uluhiyah, dan asma’washifat yang semua perbendaharaan langit dan bumi ada ditangan-Nya! Maha suci allah dari apa yang mereka sangkakan.

D.Akibat buruk sangka kepada allah

Diantara kerugian berburuk sangka kepada allah adalah :

1.Telah menerjang larangan allah yang maha bijaksana

2.Mendapatkan ancaman dan siksaan neraka Jahannam, laknat dan murka allah

3.Mendapatkan kecelakaan dari allah di dunia dan di akhirat

4.Menyerupai perbuatan orang-orang munafik dan orang-orang kafir

5.Merasakan kesempitan, ketidaktenangan dalam kehidupan, karena senantiasa tidak puas dengan takdir allah.

E.Bentuk-bentuk buruksangka kepada allah

Apa saja kah yang termasuk berburuk sangka kepada allah??

1.Sangkaan bahwasanya allah tidak akan menolong hamba-Nya yang membela agama-Nya, dari kalangan para Nabi dan rosul, dan orang-orang shalih.

2.Sangkaan bahwasanya kejadian-kejadian yang ada bukanlah takdir dari Allah melainkan hanya sekedar kejadian yang memang terjadi dengan sendirinya, tanpa ada hikmah pada kejadian tersebut.

3.Sangkaan bahwasanya allah akan membiarkan makhluk-Nya berbuat semaunya sebagaimana layaknya binatang ternak, tidak ada hukuman bagi pelaku maksiat dan tidak ada pahala bagi pelaku kebaikan.

4.Sangkaan bahwasanya allah akan mengadzab wali-wali-Nya walaupun mereka berbuat baik dan ikhlas dalam amalan tersebut.

5.Sangkaan bahwasanya allah tidak memiliki nama dan sifat atau memalingkannya kepada makna yang bathil atau meyakini tidak ada penjelasan yang gamblang tentang isi serta menyerahkan maknanya kepada allah, atau menamai dan menyifati allah dengan sesuatu yang tidak ada dalilnya.

6.Sangkaan bahwasanya allah mencintai kekufuran, kefasikan, dan kemaksiatan sebagaimana mencintai iman, kebaikan, dan ketaatan.

F.Cara menghindari buruk sangka kepada allah

Berburuk sangka kepada allah termasuk perkara yang sangat berbahaya. Bagaimana tidak, sungguh sangat tidak masuk akal dan tidak pernah terbayangkan oleh akal sehat, bagaimana mungkin akal manusia yang cekak itu mampu mengetahui semua hikmah perbuatan (takdir) yang allah miliki. Ini merupakan penyakit yang harus diterapi karena setiap penyakit pasti obatnya.

Al-imam Ibnul Qayyim berkata,”Dan tidak akan selamat dari berburuk sangka kepada allah kecuali mereka yang mngenal allah, nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya, dan memahami pujian hanya milik-Nya serta hikmah-Nya ada (dalam genggaman-Nya).”maksud beliau adalah orang yangakan selamat dari penyakit ini adalah mereka yang belajar dan mengkaji ilmu agama lebih khusus lagi bab-bab tauhid dan aqidah yang benar.

Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar