Jumat, 08 Mei 2020

Syekh Nawawi al-Bantani dilahirkan di Tanara, serang, Banten sekitar tahun 1230 H/1813 M. Lahir dilingkungan pesantren yang membuat Beliau sudah sangat akrab dengan berbagai macam ilmu agama, terlebih sudah sedari kecil pula Beliau diajari langsung oleh sang ayah mengaji berbagai macam kitab.

    Demi memperdalam ilmu agama. Saat usia Syekh Nawawi al-Bantani masih 15 tahun, Beliau mendapatkan kesempatan belajar langsung kepada para ulama yang ada di Tanah Suci Makkah, diantaranya Sayid Ahmad Nahrawi, Sayyid Ahmad Dhimyati, Ahmad Zaini Dahlan, Muhammad Khatib al-Hambali, dan Ulama-ulama besar lainnya.

    Sedangakan Syekh Asnawi bin Abdurrahman al-Bantani atau yang lebih dikenal dengan nama Syekh Asnawi Caringin adalah seorang ulama dari Banten Syekh Asnawi lahir di Kampung caringin labuan banten sekitar tahun 1850 M  di tengah keluarga yang religius. Sang ayah, Syekh Abdurrahman bin Syekh Afifuddin, dan ibunya, Ratu Sabi’ah (Rabiah), berasal dari keluarga yang kental berislam. Bahkan, disebutkan pula bahwa Syekh Asnawi masih keturunan sultan Agung dari Mataram atau keturunan Raden fatah.

    Sama2 Ulama menyampaikan ilmunya kepada ummat sehingga disebut syech, namun beda generasi dan tempat kelahiran, dan Makamnya.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar