Inilah 7 Ciri-ciri Masjid Wahabi, Hati-hati Agar Tidak Salah Pilih
Karena Wahabi senang dagangan sunnah, masjidpun mereka stempel dengan kata sunnah untuk mencari jamaah. Dengan stempel sunnah, masjid tersebut mereka anggap sebagai masjid yang sesuai ajaran Nabi.
Di luar setempel masjid sunnah, berarti masjid bidโah atau masjid yang tidak ada contoh dari Nabi. Tentunya yang mereka anggap masjid bidโah adalah masjid Aswaja. Lebih khususnya masjid NU.
Nah, agar tidak salah pilih masjid berkut adalah beberapa ciri-ciri masjid Wahabi yang berstempel โMasjid Sunnahโ padahal hanya untuk menipu umat.
1. Masjid Wahabi anti tilawah, shalawat, murattal atau puji-pujian, setelah adzan, karena menurut mereka itu adalah bidโah. Wahabi akan merasa terganggu dengan suara bacaan Al-Qurโan.
Benarkah bacaan shalawat atau puji-pujian setelah adzan adalah bidโah tercela? Al-Hafizh as-Sakhawi berkata:
ููููุฏู ุงุฎูุชููููู ูููู ุฐููููู ูููู ูููู ู ูุณูุชูุญูุจูู ุฃููู ู ูููุฑููููู ุฃููู ุจูุฏูุนูุฉู ุฃููู ู ูุดูุฑูููุนู ููุฃุณูุชูุฏูููู ูููุฃูููููู ุจููููููููู ุชูุนูุงููู : ููุงููุนููููุง ุงููุฎูููุฑู ุ ููู ูุนูููููู ู ุฃูููู ุงูุตูููุงูุฉู ููุงูุณูููุงูู ู ู ููู ุฃูุฌูููู ุงููููุฑูุจู ูุงู ุณููููู ูุง ููููุฏู ุชูููุงุฑูุฏูุชู ุงููุฃูุฎูุจูุงุฑู ุนูููู ุงููุญูุซูู ุนูููู ุฐููููู ู ูุนู ู ูุง ุฌูุงุกู ููู ููุถููู ุงูุฏููุนูุงุกู ุนูููุจู ุงููุฃูุฐูุงูู ููุงูุซููููุซู ุงููุฃูุฎูููุฑู ู ููู ุงูููููููู ููููุฑูุจู ุงููููุฌูุฑู ููุงูุตููููุงุจู ุฃูููููู ุจูุฏูุนูุฉู ุญูุณูููุฉู ููุคูุฌูุฑู ููุงุนููููู ุจูุญูุณููู ูููููุชููู. (ุงูุญุงูุธ ุงูุณุฎุงููุ ุงูููู ุงูุจุฏูุน ูู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุญุจูุจ ุงูุดููุนุ 280).
โPembacaan shalawat menjelang shalat tersebut diperselisihkan, apakah dihukumi sunnah, makruh, bidโah, atau disyariโatkan? Pendapat yang pertama berdalil dengan firman Allah: โKerjakanlah semua kebaikan.โ Telah dimaklumi bahwa membaca shalawat dan salam termasuk ibadah sunnah yang paling agung, lebih-lebih telah datang sekian banyak hadits yang mendorong hal tersebut, serta hadits yang datang tentang keutamaan berdoa setelah adzan, sepertiga malam dan menjelang fajar. Pendapat yang benar adalah, bahwa hal tersebut bidโah hasanah (kreativitas bagus), yang pelakunya diberi pahala dengan niatnya yang baik.โ (Al-Hafizh as-Sakhawi, al-Qaul al-Badiโ, hal. 280).
2. Wahabi menganggap bahwa meluruskan shaf saat shalat harus dengan menempel antar kaki jamaah. Kalau belum menempel maka dianggap shalatnya tidak sempurna.
Lantas benarkah kesempurnaan shalat dilihat dari menempelnya kaki antar jamaah sebagaimana anggapan Wahabi? Tidak benar, sebab dalam riwayat yang menempelkan kaki hanya seorang sahabat. Tidak semua sahabat nabi melakukannya.
Hanya seorang sahabat, entah siapakah sahabat itu tidak dijelaskan dalam keterangan, satu orang sahabat tidak bisa diambil hujjah.....
Berikut dalilnya:
ุญูุฏููุซูููุง ุนูู ูุฑูู ุจููู ุฎูุงููุฏู ููุงูู: ุญูุฏููุซูููุง ุฒูููููุฑู ุนููู ุญูู ูููุฏู ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ุนููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู ู ููุงูู: ุฃููููู ููุง ุตููููููููู ู ููุฅููููู ุฃูุฑูุงููู ู ู ููู ููุฑูุงุกู ุธูููุฑูู ููููุงูู ุฃูุญูุฏูููุง ููููุฒููู ู ูููููุจููู ุจูู ูููููุจู ุตูุงุญูุจููู ููููุฏูู ููู ุจูููุฏูู ูููยป
Dari Anas bin Malik dari Nabi Muhammad shallallah alaih wasallam: โTegakkanlah shaf kalian, karena saya melihat kalian dari belakang pundakku.โ Ada seorang di antara kami yang menempelkan bahunya dengan bahu temannya dan telapak kaki dengan telapak kakinya.(HR. Al-Bukhari)
3. Masjid Wahabi tidak terdapat tasbih karena mereka menganggap bahwa biji tasbih adalah tasyabbuh bil kuffar (menyerupai orang kafir) dan tak ada contohnya dari Nabi.
Benarkah klaim Wahabi bahwa memakai tasbih menyerupai orang kafir? Mufti al-Azhar, Syekh Athiyah Shaqr menjawab:
๏ปญ๏บ๏ป๏ปฐ ๏บ๏บ๏ปง๏บ ๏บ๏ป๏บฎุง๏บญ ุง๏ป๏ปจ๏บ๏ปฐ ๏บป๏ป ๏ปฐ ุง๏ป๏ป ๏ปช ๏ป๏ป ๏ปด๏ปช ๏ปญ๏บณ๏ป ๏ปข ๏ป๏ปฌ๏บฌุง ุง๏ป๏ป๏ปค๏ป ๏ปญ๏ป๏บช๏ปก ุง๏ปน๏ปง๏ป๏บ๏บญ ๏ป๏ป ๏ปด๏ปชุ ุง๏บ๏บจ๏บฌ ๏ป๏บช๏บฉ ๏ปฃ๏ปฆ ุง๏ป๏บผ๏บค๏บ๏บ๏บ ๏ปญุง๏ป๏บด๏ป ๏ป ุง๏ป๏บผ๏บ๏ป๏บข ุง๏ป๏ปจ๏ปฎ๏ปฏ ๏ปญุง๏ป๏บค๏บผ๏ปฐ ๏ปญ๏ป๏ป๏บช ุง๏ป๏บจ๏ปด๏ป ๏ปญ๏ป๏ปด๏บฎ๏ปซ๏บ ๏ปญ๏บณ๏ปด๏ป ๏บ ๏ป๏ป๏บ๏ป ุง๏ป๏ป๏บช๏บฉ ๏ป๏ปฐ ุง๏ป๏บ๏บด๏บ๏ปด๏บข ๏ปญ๏ป๏ปข ๏ปณ๏บ๏บ๏บ ๏บ๏ปง๏ป๏บ๏บญ ๏ป๏ป ๏ปด๏ปฌ๏ปข
โDi samping Nabi menyetujui terhadap Sahabat yang membaca tasbih dengan batu kecil [HR Abu Dawud] serta Nabi tidak mengingkarinya, ternyata ada banyak Sahabat dan ulama Salaf yang menjadikan batu, kerikil, dan pintalan tali sebagai sarana untuk menghitung bacaan tasbih, dan mereka tidak mengingkarinya.โ
4. Wahabi mengharamkan Qunut Shubuh karena menurut Wahabi itu adalah bidโah yang tercela. Lantas benarkah Qunut shubuh hukumnya bidโah tercela sebagaimana tuduhan Wahabi?
ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู ูุงูููู ููุงูู ู ูุง ุฒูุงูู ุฑูุณูููู ุงูููู ููููููุชู ููู ุงููููุฌูุฑู ุญูุชููู ููุงุฑููู ุงูุฏููููููุง (ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ ูุงูุฏุงุฑูุทูู)
โDiriwayatkan dari Anas Ibn Malik. Beliau berkata, โRasulullah Saw senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.โ (Musnad Ahmad bin Hanbal, juz III, hal. 162 [12679], Sunan al-Daraquthni, juz II, hal. 39 [9]).
5. Masjid Wahabi tidak ada kaligrafi, karena mereka sangat alergi dengan tulisan seperti itu. Alasan mereka karena Rasulullah Saw tidak pernah mengajarkan kaligrafi sehingga itu adalah bidโah mungkar.
Padahal menurut ulama Syafiโiyah, kaligrafi pada masjid tidak haram selagi dalam batas kewajaran sebagaimana merujuk pada sejarah:
Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang menjadi khalifah dari tahun 99 H hingga 101 H/717 M hingga 720 M, beliau telah memperluas bangunan masjid Nabawi di Madinah, dan mengarahkan agar ditulis ayat-ayat Al-Quran dengan emas di sepanjang dinding mihrab masjid tersebut. Dan faktanya disana sampai sekarang baik-baik saja.
6. Di Masjid Wahabi tidak ada tradisi salam-salaman setelah shalat karena hal tersebut juga dianggap bidโah yang bertentangan dengan syariat. Benarkah salaman setelah shalat adalah tradisi tercela sebagaimana menurut Wahabi?
ุนููู ุณููููุฏูููุง ููุฒูููุฏ ุจููู ุงูุณูููุฏู ุฑูุถููู ุงูููู ุนููููู: ุงูููููู ุตููููู ุงูุตููุจูุญู ู ูุนู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงููู ุนูููููู ููุณูููู ู. ูููุงูู: ุซูู ูู ุซูุงุฑู ุงููููุงุณู ููุฃุฎูุฐูููู ุจูููุฏูู ููู ูุณูุญููููู ุจูููุง ููุฌูููููููู ู, ููุฃูุฎูุฐุชู ุจูููุฏููู ููู ูุณูุญูุชู ุจูููุง ููุฌููููู.(ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู)
โDiriwayatkan dari sahabat Yazid bin Aswad bahwa ia shalat subuh bersama Rasulallah, lalu setelah shalat para jamaah berebut untuk menyalami Nabi, lalu mereka mengusapkan ke wajahnya masing-masing, dan begitu juga saya menyalami tangan Nabi lalu saya usapkan ke wajah saya.โ (H.R. Bukhari, hadits ke 3360)
7. Masjid Wahabi tidak ada doโa bersama. Karena menurut mereka doโa bersama adalah bidโah yang tidak ada dasarnya dalam Al-Qurโan serta tuntunannya dari Nabi Saw. Apakah tepat pendapat Wahabi tersebut?
ุนููู ุญูุจูููุจู ุจููู ู ูุณูููู ูุฉู ุงููููููุฑูููู ููููุงูู ู ูุฌูุงุจู ุงูุฏููุนูููุฉู ุฑุถู ุงููู ุนูู ููุงูู: ุณูู ูุนูุชู ุฑูุณููููู ุงูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู ูููููููู: ูุงู ููุฌูุชูู ูุนู ููููู ู ู ูุณูููู ููููู ููุฏูุนููู ุจูุนูุถูููู ู ููููุคูู ูููู ุจูุนูุถูููู ู ุฅููุงูู ุงุณูุชูุฌูุงุจู ุงูููู ุฏูุนูุงุกูููู ู. ุฑูุงู ุงูุทุจุฑุงูู ูู ุงููุจูุฑ ู ุงูุญุงูู ูู ุงูู ุณุชุฏุฑู
Artinya : Dari Habib bin Maslamah al-Fihri RA โbeliau seorang yang dikabulkan doโanya-, berkata: โSaya mendengar Rasulullah SAW bersabda: โTidak lah berkumpul suatu kaum Muslimin, lalu sebagian mereka berdoโa, dan sebagian lainnya mengucapkan amin, kecuali Allah pasti mengabulkan doโa mereka.โ (HR. al-Thabarani dalam al-Muโjam al-Kabir, dan al-Hakim dalam al-Mustadrak).
Dari sini jelas bahwa klaim Masjid Sunnah hanyalah akal-akalan kelompok Wahabi saja yang tujuannya untuk menarik perhatian jamaah awam. Padahal sejatinya masjid merekalah yang sangat jauh dari kata sunnah.
Wallahuaโlam bisshawab.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar