Selasa, 30 Juli 2019

Hindari Tanda Hitam di Jidat, Itu Tanda Riyaโ€™ dan Cara Sujudnya Belum Benar


Hindari Tanda Hitam di Jidat, Itu Tanda Riyaโ€™ dan Cara Sujudnya Belum Benar

Jidat hitam bukan tanda keimanan seseorang muslim

Apabila cara sujud benar, maka tidak akan memburukkan wajah melainkan sebaliknya, menjadi bercahaya dan berseri-seri. Adapun jika jidat menjadi โ€˜kapalanโ€™ maka artinya harus memperbaiki gerakan shalat. Sebab yang menjadi penopang utama adalah kedua tangan, saat sujud, bukan kepala.

Abdullah bin Umar bin Khattab RA. salah seorang shahabat terkemuka tidak menyukai adanya bekas hitam di dahi seorang muslim.

ุนูŽู†ู’ ุณูŽุงู„ูู…ู ุฃูŽุจูู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุถู’ุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฌูŽุงุกูŽ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฅูู„ูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ููŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู†ู’ุชูŽุŸ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฃูŽู†ูŽุง ุญูŽุงุถูู†ููƒูŽ ููู„ุงูŽู†ูŒ. ูˆูŽุฑูŽุฃูŽู‰ ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูŽูŠู’ู‡ู ุณูŽุฌู’ุฏูŽุฉู‹ ุณูŽูˆู’ุฏูŽุงุกูŽ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ู…ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฃูŽุซูŽุฑู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูŽูŠู’ูƒูŽุŸ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุตูŽุญูุจู’ุชู ุฑูŽุณููˆู„ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูˆูŽุฃูŽุจูŽุง ุจูŽูƒู’ุฑู ูˆูŽุนูู…ูŽุฑูŽ ูˆูŽุนูุซู’ู…ูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุถูู‰ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ูู…ู’ ููŽู‡ูŽู„ู’ ุชูŽุฑูŽู‰ ู‡ูŽุง ู‡ูู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุดูŽู‰ู’ุกูุŸ

Dari Salim Abu Nadhr, ada seorang yang datang menemui Ibnu Umar. Setelah orang tersebut mengucapkan salam, Ibnu Umar bertanya kepadanya, โ€œSiapakah anda?โ€.

โ€œAku adalah anak asuhmuโ€, jawab orang tersebut. Ibnu Umar melihat ada bekas sujud yang berwarna hitam di antara kedua matanya. Beliau berkata kepadanya, โ€œBekas apa yang ada di antara kedua matamu? Sungguh aku telah lama bershahabat dengan Rasulullah, Abu Bakr, Umar dan Utsman. Apakah kau lihat ada bekas tersebut pada dahiku?โ€ (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3698)

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ : ุฃูŽู†ูŽู‘ู‡ู ุฑูŽุฃูŽู‰ ุฃูŽุซูŽุฑู‹ุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ูŠูŽุง ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุฅูู†ูŽู‘ ุตููˆุฑูŽุฉูŽ ุงู„ุฑูŽู‘ุฌูู„ู ูˆูŽุฌู’ู‡ูู‡ู ุŒ ููŽู„ุงูŽ ุชูŽุดูู†ู’ ุตููˆุฑูŽุชูŽูƒูŽ.

Dari Ibnu Umar, beliau melihat ada seorang yang pada dahinya terdapat bekas sujud. Ibnu Umar berkata, โ€œWahai hamba Allah, sesungguhnya penampilan seseorang itu terletak pada wajahnya. Janganlah kau jelekkan penampilanmu!โ€ (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3699).

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจูู‰ ุนูŽูˆู’ู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฑูŽุฃูŽู‰ ุฃูŽุจููˆ ุงู„ุฏูŽู‘ุฑู’ุฏูŽุงุกู ุงู…ู’ุฑูŽุฃูŽุฉู‹ ุจููˆูŽุฌู’ู‡ูู‡ูŽุง ุฃูŽุซูŽุฑูŒ ู…ูุซู’ู„ู ุซูŽููู†ูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽู†ู’ุฒู ุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ู„ูŽูˆู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒูู†ู’ ู‡ูŽุฐูŽุง ุจููˆูŽุฌู’ู‡ููƒู ูƒูŽุงู†ูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู„ูŽูƒู.

Dari Abi Aun, Abu Dardaโ€™ melihat seorang perempuan yang pada wajahnya terdapat โ€˜kapalโ€™ semisal โ€˜kapalโ€™ yang ada pada seekor kambing. Beliau lantas berkata, โ€˜Seandainya bekas itu tidak ada pada dirimu tentu lebih baikโ€ (Riwayat Bahaqi dalam Sunan Kubro no 3700).

ุนูŽู†ู’ ุญูู…ูŽูŠู’ุฏู ู‡ููˆูŽ ุงุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูƒูู†ูŽู‘ุง ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุงุฆูุจู ุจู’ู†ู ูŠูŽุฒููŠุฏูŽ ุฅูุฐู’ ุฌูŽุงุกูŽู‡ู ุงู„ุฒูู‘ุจูŽูŠู’ุฑู ุจู’ู†ู ุณูู‡ูŽูŠู’ู„ู ุจู’ู†ู ุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ุฑูŽู‘ุญู’ู…ูŽู†ู ุจู’ู†ู ุนูŽูˆู’ูู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽูู’ุณูŽุฏูŽ ูˆูŽุฌู’ู‡ูŽู‡ู ุŒ ูˆูŽุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู…ูŽุง ู‡ูู‰ูŽ ุณููŠู…ูŽุงุกู ุŒ ูˆูŽุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ู„ูŽู‚ูŽุฏู’ ุตูŽู„ูŽู‘ูŠู’ุชู ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ูู‰ ู…ูุฐู’ ูƒูŽุฐูŽุง ูˆูŽูƒูŽุฐูŽุง ุŒ ู…ูŽุง ุฃูŽุซูŽู‘ุฑูŽ ุงู„ุณูู‘ุฌููˆุฏู ููู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ูู‰ ุดูŽูŠู’ุฆู‹ุง.

Dari Humaid bin Abdirrahman, aku berada di dekat as Saib bin Yazid ketika seorang yang bernama az Zubair bin Suhail bin Abdirrahman bin Auf datang.

Melihat kedatangannya, as Saib berkata, โ€œSungguh dia telah merusak wajahnya. Demi Allah bekas di dahi itu bukanlah bekas sujud. Demi Allah aku telah shalat dengan menggunakan wajahku ini selama sekian waktu lamanya namun sujud tidaklah memberi bekas sedikitpun pada wajahkuโ€ (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3701).

ุนูŽู†ู’ ู…ูŽู†ู’ุตููˆุฑู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูู„ู’ุชู ู„ูู…ูุฌูŽุงู‡ูุฏู (ุณููŠู…ูŽุงู‡ูู…ู’ ููู‰ ูˆูุฌููˆู‡ูู‡ูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฃูŽุซูŽุฑู ุงู„ุณูู‘ุฌููˆุฏู) ุฃูŽู‡ููˆูŽ ุฃูŽุซูŽุฑู ุงู„ุณูู‘ุฌููˆุฏู ููู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุงู„ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ูุŸ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ : ู„ุงูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุฃูŽุญูŽุฏูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽูƒููˆู†ู ุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูŽูŠู’ู‡ู ู…ูุซู’ู„ู ุฑููƒู’ุจูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽู†ู’ุฒู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ูƒูŽู…ูŽุง ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูŠูŽุนู’ู†ูู‰ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุฑูู‘ ูˆูŽู„ูŽูƒูู†ูŽู‘ู‡ู ุงู„ู’ุฎูุดููˆุนู.

Dari Manshur, Aku bertanya kepada Mujahid tentang maksud dari firman Allah, โ€˜tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari ATSARIS SUJUUD (bekas sujud)โ€™ apakah yang dimaksudkan adalah bekas di wajah? Jawaban beliau, โ€œBukan, bahkan ada orang yang โ€˜kapalenโ€™ yang ada di antara kedua matanya itu bagaikan โ€˜kapalenโ€™ yang ada pada lutut onta namun dia adalah orang bejat. Tanda yang dimaksudkan adalah kekhusyuโ€™anโ€ (Riwayat Baihaqi dalam Sunan Kubro no 3702).

Bahkan dalam kitab Hasiyah as-Showi,

ูˆู„ูŠุณ ุงู„ู…ุฑุงุฏ ุจู‡ ู…ุง ุจุตู†ุนู‡ ุจุนุถ ุงู„ุฌู‡ู„ุฉ ุงู„ู…ุฑุงุฆูŠู† ู…ู† ุงู„ุนู„ุงู…ุฉ ููŠ ุงู„ุฌุจู‡ุฉ ูุงู†ู‡ ู…ู† ูุนู„ ุงู„ุฎูˆุงุฑุฌ ูˆููŠ ุงู„ุญุฏูŠุซ ุงู†ูŠ ู„ุงุจุบุถ ุงู„ุฑุฌู„ ูˆุงูƒุฑู‡ู‡ ุงุฐุง ุฑุงูŠุช ุจูŠู† ุนูŠู†ูŠู‡ ุงุซุฑ ุงู„ุณุฌูˆุฏ

โ€œBukanlah yang dimaksudkan oleh ayat adalah sebagaimana perbuatan orang-orang bodoh dan TUKANG RIYAโ€™ yaitu tanda hitam yang ada di dahi karena hal itu adalah ciri khas khawarij (baca: ahli bidโ€™ah)โ€ dalam sebuah hadits disebutkan sungguh saya benci seseorang yang saya lihat diantara kedua matanya terdapat bekas sujud (Hasyiah ash Shawi 4/134, Dar al Fikr).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar