Rabu, 05 Februari 2020

Implementasi Nilai2 keimanan dan ketaqwaan Kepada Alloh SWT.

saudaraku sekalian Jama'ah jumat Rohimakumulloh...
pada kesempatan khutbah kali ini khotib akan mengetengahkan Tema
Implementasi dari nilai2 keimanan dan ketaqwaan Kepada Alloh SWT, secara Totalitas.

1. Implementasi nilai2 Keimanan
iman menurut  hadits Rasulullah Saw adalah :

عَنِ ابْنِ حَجَرٍ رَضِيَ الله عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلىَّ الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أْلإِيْمَانُ مَعْرِفَةٌ بِاْلقَلْبِ وَقَوْلٌ بِالِّلسَانِ وَعَمَلٌ بِاْلأَرْكَانِ (رواه ابن ماجه والطبراني)

Artinya: “Dari Ibnu Hajar Radhiyallahu ‘Anhu beliau berkata: Rasulullah SAW telah bersabda: Iman adalah Pengetahuan hati, pengucapan lisan dan pengamalan dengan anggota badan” (H.R. Ibnu Majah dan At-Tabrani).

dalam hadist tsb ada 3 unsur aplikasi

1. Pengetahuan hati, kita mengetahui dengan kalimat Tauhid "La ila ha illalloh Muhammadurrosululloh" tiada Tuhan selain Alloh dan Muhammad utusannya, kalimat ini kita tancapkan dalam hati dan akal akan dengan sendirinya mengelola melalalui pengetahuan2 Tauhid yang diajarkan dalam Islam.

2. Pengucapan dengan lisan, melalui ikrar dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat Ashadu alla ila ha illalloh wa ashadu anna Muhammadarrosululloh...lisan mengucapkan, hati membenarkan lafadz tersebut.

3. Pengamalan oleh seluruh anggota badan, ini adalah bentuk implementasi dari nilai2 keimanan sehingga orang yg beriman secara totalitas ia tidak akan menduakan Alloh dengan apapun, dan ia mampu berakhlak terpuji. 

Allah sangat menyukai hambanya yang mempunyai akhlak terpuji, dan Alloh SWT akan memberikan kehidupan yang terbaik bagi hamba-Nya. 

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِنْ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَىٰ وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً ۖ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Artinya: 

Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan. (QS. An-Nahl : 97)

Akhlak terpuji dalam islam disebut sebagai akhlakulmahmudah.

Beberapa contoh akhlak terpuji antara lain jujur, tanggung jawab, amanah, baik hati, tawadhu, istiqomah dll.

inilah sebenarnya Amal sholeh yang kita amalkan dalam bentuk perbuatan merupakan implementasi dari nilai2 keimanan yg secara Totalitas kepada Alloh SWT.

Sebagai umat islam kita mempunyai suri tauladan yang perlu untuk dicontoh atau diikuti yaitu nabi Muhammad SAW. Ia adalah sebaik-baik manusia yang berakhlak sempurna. Ketika Aisyah ditanya  Sa'd bin Hisyam bin amir bagaimana akhlak rosul, maka ia menjawab

كاَنَ خُلُقُهُ الْقُرْآنَ

“Akhlak Rasulullah adalah al-Qur’an.” (HR. Muslim)

bahwa akhlak rosul adalah Al-quran. Artinya rosul merupakan manusia yang menggambarkan akhlak seperti yang tertera di dalam Al-quran.

2. Implementasi nilai2 ketaqwaan kepada Alloh SWT. 

taqwa adalah IMTISTALU AWAMIRILLAH WAIJTINABUN NAWAKHIHI " Menjalankan Perintah Alloh dan Meninggalkan semua Larangan-Nya".

menjalankan semua perintah Alloh secara Totalitas adalah bentuk Implementasi dari nilai2 ketaqwaan kita kepada Alloh SWT, 

Sholat yg kita dirikan secara totalitas, akan dapat mencegah dari perbuatan keji dan kungkar.

Puasa yg kita laksanakan secara totalitas, akan dapat melahirkan sifat sabar, yg teramat tinggi.

zakat yg kita bayar secara totalitas, akan dapat melahirkan sifat dermawan, penolong, penyantun, dan sifat2 terpuji lainnya.

dan Ibadah Hajji yg kita tunaikan ketanah sucipun secara totalitas akan melahirkan hajji yg mabrur dan mabruroh, artinya ada nilai ibadah hajji yg harus ia pertanggung jawabkan dihadapan Alloh setelah mendapatkan ampunan Alloh atas segala dosa2 yg pernah ia lakukan.

saudaraku sekali jama'ah jumat Rohimakumulloh

Demikian pula dengan meninggalkan semua larangan Alloh ia dapat tinggalkan dengan mudah karena ia telah melaksankan perintah Alloh secara Totalitas. dan pada gilirannya akan melahirkan Nilai2 taqwa yg sebenar-benarnya taqwa, kepada Alloh SWT,  dan inilah sebenarnya identitas muslim sejati...

muslim sejati tidak akan pernah meninggalkan perintah Alloh dan terus menerus meningkatkan iman dan Amal sholeh...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar