Jumat, 28 Februari 2020


Tugas utama manusia diciptakan di dunia ini adalah untuk beribadah menyembah Allah SWT, dengan mematuhi perintahnya sekaligus meninggalkan apa yang dilarangNya, manusia akan menjadi hamba yang memperoleh rahmat (kasih sayang). 

Rahmat Allah inilah yang akan menjadi kunci kesuksesan hidup manusia di dunia dan akhirat.   "Amal ibadah yang kita lakukan pada pokoknya adalah mencari rahmat Allah SWT. Rahmat ini diberikan Allah kepada orang-orang yang dikehendakiNya," 

Orang yang menyembah Allah dan menjaga ibadahnya selama di dunia diibaratkan sedang menanam tanaman, yang hasilnya akan dipetik di akhirat. 

Sehingga sudah semestinya berbagai ibadah diamalkan agar pada hari akhir nanti panen raya bisa dirasakan.   

Tanam sebanyaknya amal kita di dunia baik yang wajib maupun yang sunah. Shalat, zakat, shalawatan, yasinan, manakiban, mudah-mudahan kita panen hasilnya di akhirat,"   Selain ibadah yang bersifat vertikal (hablun minallah), tak kalah pentingnya adalah menjalankan ibadah horizontal (hablun minannas). 
Ibadah ini berbentuk perilaku baik dan menjaga kemaslahatan dalam hidup bersama orang lain. 

Inilah tingkatan tertinggi yang dinamakan dengan ihsan.   "Banyak orang Islam tapi tidak iman. Banyak juga orang Islam tapi tidak ihsan. Ketiga hal ini harus dimiliki agar mampu menciptakan kemaslahatan bagi diri dan orang yang ada di sekitar kita,".

Bentuk ihsan ini, bisa terlihat dari sikap seseorang terhadap orang lain. Belum bisa dikatakan ihsan jika seseorang tidak bisa berbuat baik kepada orang yang berbuat jahat kepadanya. 

9Umumnya bisa kita lihat, orang berbuat baik karena ia juga pernah mendapatkan kebaikan dari orang lain.   "Dalam hal ini penting shaleh kepada manusia dan shaleh kepada Allah," 

menyampaikan materi dari Kitab Tasawuf Bidayatul Hidayah karya Imam Al Ghazali.   Ia pun mengungkapkan fakta sosial di mana memang manusia paling gampang mengingat hal-hal buruk dari orang lain. Sementara sebuah kebaikan dengan gampangnya dilupakan.   Oleh karenanya ia mengajak umat Islam khususnya untuk menata dan mengasah hati agar kehidupannya senantiasa diwarnai dengan hal-hal positif yang terus menerus akan mengikis hal-hal negatif.    "Jika kemaksiatan walaupun sedikit terus dilakukan maka akan menjadikannya besar. 

Setelah itu hawa nafsu akan menguasai manusia dan akan menjadikannya hina seperti hewan, bahkan lebih hina dari itu," pungkasnya.   Pewarta: Muhammad Faizin Editor: Syamsul Arifin  Tags: Ibadah dunia akhirat Bagikan: Baca Juga Jihad di Bukit Tursina, Mustasyar NU Pringsewu Kaji Tafsir Surat At-Thariq Mungkinkah Konflik Iran-AS Picu Perang Dunia Ketiga? Ini Kata Pakar Muslimat NU Malaysia Gandeng Mahasiswa KKN UIN Palembang Sukseskan Kem Ibadah  Kaleidoskop 2019: Warga NU Jelajahi Afrika dengan Sepeda Perihal Muslim Kaffah Kaleidoskop 2019: Habib Luthfi Pimpin Forum Sufi Dunia Rekomendasi Anjuran Doa Panjang Umur Selama Bulan Rajab dan Sya'ban Ini Lafal Niat Puasa Rajab Bolehkah Niat Puasa Rajab Digabung dengan Qadha Puasa Ramadhan? Teks Deklarasi Hubungan Islam-Pancasila pada Munas NU 1983 Negara-negara yang Menolak Pemulangan Eks ISIS Wawancara Kejahatan ISIS dari Makar, Terorisme, hingga Pelanggaran HAM NU Punya Visi Global untuk Peradaban Umat Manusia Pagar Nusa Menjaga Keseimbangan Tradisi dan Prestasi Relasi Dakwah Islam Wali Songo dengan Islam Nusantara Sistem Pendidikan Mestinya Tumbuhkan Kreativitas dan Inovasi Terpopuler 1 Habib Luthfi ‘Titip’ Kapolres Baru ke Gus dan Lora Jember 2 Puasa Rajab Cegah Lapar di Hari Kiamat 3 Lembaga Falakiyah NU Umumkan Awal Rajab 1441 H Jatuh Hari Selasa 4 Amalan Mulia di Bulan Rajab 5 Ini Delapan Ideologi Radikal Islam dan Cara Penyebaran Doktrinnya 6 KH Ahsin Syifa Aqiel Siroj, Kiai Kharismatik nan Humoris 7 Dukung Berantas Judi, Ansor Banser Banyumas Pasang Ratusan Spanduk 8 Ulama dan Habaib Asia Tenggara Bahas Penguatan Ukhuwah Islamiyah di Nusantara 9 Muazin Korban Penusukan di Masjid Central London Maafkan Penusuknya 10 Dokter NU: Perempuan Tidak Mungkin Hamil Renang di Kolam yang Sama dengan Pria Kumpulan Topik Kumpulan Khutbah Bulan Rajab 1 Geliat Koin Muktamar NU 2 Kaleidoskop NU 2019 3 Amalan-amalan Akhir dan Awal Tahun 4 Anatomi Radikalisme di Indonesia Topik Lainnya... Stafsus Wapres Minta Generasi Muda NU Jaga Demokrasi dari Sumbu Intoleransi Nasional Jelang UN, Ribuan Pelajar Jombang Perkuat Mental Spiritual dengan Istighotsah Daerah GP Ansor Wajib Terlibat Jadi Perekat Dua Komponen NU Daerah Terpilih Jadi Ketua, Faizah Bertekad Membumikan Fatayat NU Tlanakan Daerah Warga Purbalingga Terkesan 'Jejak Langkah 2 Ulama' Daerah Warta Foto 1 / 6 ❮❯ Unusia Anjangsana Pesantren-pesantren di Tatar Sunda Seni Budaya 1 Tiba-tiba Mendekati NU 2 Mereka yang Membawa Manfaat bagi Sekitar 3 Kiai Wahid Hasyim, Gus Dur, dan Teater 4 Surat Kepercayaan 5 Kenang-kenangan Gambar Semar untuk Pak Harto Risalah Redaksi 1 Mewaspadai Penumpang Gelap dalam RUU Cipta Kerja 2 Memilah antara Kombatan, Perempuan, dan Anak Eks ISIS 3 Tantangan Membangun Pesantren Kualitas Premium 4 Agar Kemajuan NU Merata di Setiap Daerah 5 Berbagai Ancaman Mengintai Kehidupan Manusia Seluruh Dunia Beranda Tentang NU Redaksi Kontak Kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar