Minggu, 09 April 2017

Hadits-hadits mengenai Adzan (2) kali.

Hadits-hadits mengenai Adzan (2) kali.

Adzan 2 kali , pada hari Jumat :Adzan dua kali di hari Jum'at adalah itba' (mengikuti) Usman bin Affan رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ, dan bukan bid'ah (dhalalah), karena ada dalil :

عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ سَمِعْتُ السَّائِبَ بْنَ يَزِيدَ يَقُولُ إِنَّ الْأَذَانَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ كَانَ أَوَّلُهُ حِينَ يَجْلِسُ الْإِمَامُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ عَلَى الْمِنْبَرِ فِي عَهْدِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبِي بَكْرٍ وَعُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا فَلَمَّا كَانَ فِي خِلَافَةِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَثُرُوا أَمَرَ عُثْمَانُ يَوْمَ الْجُمُعَةِ بِالْأَذَانِ الثَّالِثِ فَأُذِّنَ بِهِ عَلَى الزَّوْرَاءِ فَثَبَتَ الْأَمْرُ عَلَى ذَلِكَ

Dari Zuhry berkata, "saya mendengar Saib bin Yazid, ia mengatakan:'Sesungguhya adzan hari Jum'at itu awalnya ketikaimam telah duduk di atas mimbar, ini terjadi pada zamanRasulullah, Abu Bakar, dan umar,Ketika zaman Khalifah Usman, mereka memperbanyaknya atas perintah Usman bin Affan, bahwa di hari Jum'at dilaksanakan adzan ketiga, kemudian dilaksanakan adzan di Zaura', dan ketetapan itu sampai sekarang." (Shahih Bukhari)

Mengumandangkan adzan ketika jenazah dikuburkan 

terdapat dua pendapat, yang pertama tidak men-sunnah-kan adzan ketika jenazah dikuburkan, pendapat yang kedua men-sunnah-kan. Namun, ketika jenazah dikuburkan itu bersamaan dengan adzan yang dikumandangkan, maka jenazah diringankan dari pertanyaan di alam kubur. Mengenai apa yang dikumandangkan itu adzan subuh atau bukan, hal itu tidak masalah karena setiap hal yang baik yang tidak bertentangan dengan Quran dan Sunnah itu termasuk bid'ah hasanah. Sebagaimana dalam Kitab Ianatut Thalibin 1/230

وَاعْلَمْ أَنَّهُ لاَ يُسَنُّ الأَذَان عِنْدَ دُخُولِ القَبْرِ، خِلاَفًا لِمَنْ قَالَ بِنِسْبَتِهِ قِيَاسًا لِخُرُوجِهِ مِنَ الدُنْيَا عَلَى دُخُولِهِ فِيْهَا. قَالَ إبنُ حَجَرٍ: وَرَدَدْتُهُ فِى شَرْحِ العُبَابِ، لَكِنْ إِذَا وَافَقَ إِنْزَالُهُ القَبْرَ أَذَانٌ خَفَّفَ عَنْهُ فِى السُّؤَالِ. إِعَانَةُ الطَّالِبِيْن جُزْ 1ص 230

"Ketahuilah bahwasanya adzan tidak disunnahkan ketika masuk kubur, berbeda dengan orang yang menishbatkan adzan karena meng-analogi-kan meninggal dunia dengan lahir ke dunia. Ibn Hajar berpendapat: "Saya menolak pendapat ini dalam kitab Syarah al‘ Ubab. Tetapi ketika jenazah diturunkan ke dalam kubur bersamaan dengan dikumandangkannya adzan maka jenazah tersebut diringankan dari pertanyaan kubur".

Adzan untuk orang yang akan berangkat naik haji

(قوله: وخلف المسافر) أي ويسن الاذان والاقامة أيضا خلف المسافر، لورود حديث صحيح فيه. قال ع ش: أقول: وينبغي أن محل ذلك ما لم يكن سفر معصية, إعانة الطالبين الأول-268

Kalimat  "menjelang berpergian bagi musafir" maksudya adalah disunnahkan adzan dan  iqamah bagi seorang yang hendak berpergian berdasarkan hadits shahih Abu Ya'la  dalam Musnad-nya dan  Ibn Abi Syaibah: Sebaikya  tempat  adzan  yang dimaksud itu dikejakan selama berpergian dan (ber-pergiannya) tidak  bertujuan  untuk maksiat.(I'anatut Thalibin 1/268)

Juga ada keterangan dari Kitab yang sama .(I'anatut Thalibin 1/267):

(فائدة) لم يؤذن بلال لاحد بعد النبي (ص) غير مرة لعمر حين دخل الشام فبكى الناس بكاء شديدا. وقيل: إنه أذن لابي بكر إلى أن مات، ولم يؤذن لعمر.

Sahabat Bilal  tidak  pernah mengumandangkan  adzan untuk seseorang setelah wafatnya  Nabi Muhammad  kecuali sekali, yaitu ketika Umar  bin Khaththab  berkunjung  ke negeri Syam. Saat itu  orang-orang menangis  terharu sejadi-jadinya.

Tapi  ada khabar lain bahwa:"Bilal mengumandangkan  adzan pada wafatnya  Abu Bakar as Shiddiq dan tidak adzan (ketika wafatnya) Umar bin Khaththab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar