Minggu, 30 April 2017

Tanda-tanda Isim (عَلَامَاتُ الاِسْمِ)

Tanda-tanda Isim (عَلَامَاتُ الاِسْمِ)
 
Pelajaran Keenam (اَلدَّرْسُ السَّادِسُ)

Tanda-tanda Isim (عَلَامَاتُ الاِسْمِ)

Alhamdulillah, Pembaca Shanjongjing yang semoga dijaga oleh Allahl, pada edisi kali ini kita memasuki pembahasan baru. Setelah menyelesaikan pembahasan isim isyarah pada edisi-edisi sebelumnya, kita akan membahas tanda-tanda isim.Sebelumnya, kita perlu mengetahui pembagian kata dalam bahasa Arab.

Kata (الْكَلِمَةُ) dalam bahasa Arab terbagi menjadi 3 (tiga), yaitu:

Isim (اِسْمٌ).Fi’il (فِعْلٌ).

Fi’il adalah kata kerja yang menunjukkan suatu kejadian pada salah satu waktu dari tiga waktu tertentu, yaitu masa lampau (الْمَاضِي), masa sekarang (الْحَالُ), atau masa yang akan datang (الْاِسْتِقْبَالُ).

Contoh: خَرَجَ (keluar), دَخَلَ (masuk), dan lain-lain.

Akan datang penjelasannya pada edisi-edisi mendatang, insya Allah.

Huruf (حَرْفٌ).

Huruf adalah kata yang tidak mempunyai arti kecuali setelah bersambung dengan kata lain, baik dengan isim maupun fi’il, sehingga memberikan arti pada isim atau fi’il tersebut.

Contoh: هَلْ, فِيْ, لَمْ, dan lain-lain.

Sebagaimana telah kita ketahui, isim sering kali diterjemahkan sebagai kata benda. Sebenarnya, cakupan isim lebih luas. Dalam bahasa Arab, isim mencakup kata benda, kata sifat, keterangan waktu, keterangan tempat, dan sebagainya.

Contoh isim yang berupa kata benda telah kami jelaskan pada edisi-edisi sebelumnya, seperti كِتَابٌ (buku), بَيْتٌ (rumah).

Contoh isim yang berupa kata sifat adalah كَبِيْرٌ (besar), نَظِيْفٌ (bersih).

Contoh isim yang berupa keterangan waktu adalah صَبَاحًا (pagi), مَسَاءً (sore).

Yang berupa keterangan tempat adalah أَمَامَ (di depan), خَلْفَ (di belakang), dan sebagainya.

Kesimpulannya, isim adalah kata yang digunakan untuk menunjukkan arti kata itu sendiri dan tidak terkait dengan waktu. Demikian para ahli nahwu mendefinisikan isim.

Kata كِتَابٌ menunjukkan kata benda “buku”, sedangkan نَظِيْفٌ menunjukkan kata sifat “bersih”. Kedua kata ini tidak terkait dengan waktu kejadian. Dengan pengertian inilah isimterbedakan dengan kedua saudaranya, yaitu fi’il dan huruf.

Isim menunjukkan arti pada dirinya sendiri, sedangkan hurufbaru memiliki arti setelah bergabung dengan kata yang lain.Isim juga tidak berkaitan dengan waktu, sedangkan fi’il terkait dengan waktu sebagaimana telah dijelaskan di atas.

Tanda-tanda Isim (عَلَامَاتُ الاِسْمِ)

Isim dapat dikenali dengan tanda-tanda sebagai berikut.

Bisa menerima tanwin (ـًـ ـٍـ ـٌـ), seperti قَلَمٌ, بَيْتٌ, رَجُلٌ.Bisa menerima jar (kasrah atau pengganti kasrah), seperti pada kalimat بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ .

Keterangan:

Kata-kata (اسْمِ), (اللهِ), (الرَّحْمنِ), (الرَّحِيْمِ) semuanya berharakat akhir kasrah.Jar/khafdh adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkankasrah atau pengganti kasrah, yang akan dijelaskan pada pembahasan masalah i’rab (perubahan akhir suatu kata),insya Allah.Bisa dimasuki/didahului huruf jar (huruf yang menyebabkan suatu isim berharakat akhir kasrah atau pengganti kasrah). Huruf-huruf jar itu di antaranya (البَاءُ), (مِنْ), (إِلىَ), (عَلَى), (فِي), dan lain-lain.

Contoh:

Keterangan:

Kata-kata di atas, yaitu (زَيْدٍ), (اْلَبيْتِ), (اْلمَسْجِدِ), (الْمَكْتَبِ), ( الْحَمَّامِ), semuanya berharakat akhir kasrah (ــِـ) karena didahului olehhuruf-huruf jar.

Bisa dimasuki/didahului huruf nida’ (panggilan).

Contoh:

Keterangan:

Kata (مُحَمَّدُ) dan (رَجُلُ) tidak bertanwin karena berkaitan dengan salah satu hukum isim yang terletak di belakang huruf nida’. Akan datang penjelasannya pada pelajaran-pelajaran selanjutnya, insya Allah.

Bisa disambung/disandarkan dengan isim lain yang diakhirijar (kasrah atau pengganti kasrah) pada isim

Contoh:

Keterangan:

Kata-kata (مُحَمَّدٍ), (الْمُدِيْرِ), dan (الْمَسْجِدِ) semuanya berharakat akhir kasrah.Pada contoh (سَيَّارَةُ الْمُدِيْرِ), (سَيَّارَةُ) disebut mudhaf dan (الْمُدِيْرِ) disebut mudhaf ilaihi. Demikian pula pada contoh lainnya. Akan datang penjelasannya pada pelajaran-pelajaran berikutnya, insya Allah.

Bisa menerima huruf alif lam (ال).

Contoh:

Keterangan:

Setelah isim menerima alif lam (ال), tanwin (ــٌـ) pada isimdihilangkan dan diganti dengan harakat biasa, yaitudhammah (ــُـ), seperti pada contoh-contoh diSebelum menerima alif lam (ال), isim disebut isim nakirah(umum/tidak tertentu), sedangkan setelah menerima alif lam (ال), disebut isim ma’rifah (sudah dikenal/tertentu).Alif lam (ال) yang masuk kepada isim terbagi menjadi dua:alif lam syamsiyah (الشَّمْسِيَّةُ) dan alif lam qamariyah (الْقَمَرِيَّةُ).(الشَّمْسِيَّةُ) adalah alif lam yang apabila masuk pada isim-isimyang dimulai dengan huruf-huruf tertentu, alif lamtersebut tidak terbacatetapi melebur dengan huruf tersebut. Contoh: (الشَّمْسُ).(الْقَمَرِيَّةُ) adalah alif lam yang apabila masuk pada isim-isimyang dimulai dengan huruf-huruf tertentu pula, alif lamtersebut tetap terbaca. Contoh: (الْقَمَرُ).

Berikut perincian huruf-huruf الْقَمَرِيَّةُ dan huruf الشَّمْسِيَّةُ beserta contohnya.

Alhamdulillah, Pembaca—rahimakumullah, dari pembahasan di atas kita telah mengenal tanda-tanda isim. Apabila suatu kata menerima satu tanda saja dari tanda-tanda tersebut, bisa dikatakan bahwa kata tersebut adalah isim.

Ringkasan:

Kata (الْكَلِمَةُ) dalam bahasa Arab terbagi menjadi tiga (3), yaitu isim (اِسْمٌ), fi’il (فِعْلٌ), dan huruf (حَرْفٌ).Isim dapat dikenali dengan tanda-tanda:Bisa menerima tanwin: قَلَمٌ, بَيْتٌ, رَجُلٌBisa menerima jar: (بِسْمِ اللهِ الَّرَحْمنِ الَّرَحِيْمِ)Bisa dimasuki/didahului dengan huruf jar: عَلَى اْلمَكْتَبِ, اِلىَ اْلمَسْجِدِ, مِنَ اْلبَيْتِBisa dimasuki/didahului dengan huruf nida’ (panggilan) : يَا رَجُلُ, يَا مُحَمَّدُBisa disambung/disandarkan dengan isim yang lain: قَلَمُ مُحَمَّدٍ,الْمُدِيْرِ سَيَارَةُBisa menerima alif lam (ال) : الْقَلَمُ, الْبَيْتُ, الرَّجُلُAlif lam (ال) yang masuk pada isim terbagi menjadi dua: alif lam syamsiyah (الشَّمْسِيَّةُ) dan alif lam qamariyah (الْقَمَرِيَّةُ).

Kantong Kosakataku

Alhamdulillah, Pembaca, kita mulai mengenal kata-kata baru dari ketiga jenis kata dalam pelajaran kali ini. Rajin-rajinlah dan teruslah bersemangat menuntut ilmu!

Latihan (تَمْرِيْنٌ)

Tentukanlah isim pada kalimat-kalimat berikut ini dengan menyebutkan tandanya, barakallahu fikum!

الْحَمْدُ لِلهِ، وَاللهُ أَعْلَمُ بِالصَّوَابِ

kata benda bahasa arab, tanda kata benda, tanda tanda isim. Bookmark.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar