Jumat, 07 April 2017

IKHLAS

IKHLAS

Scr etimologi, Ikhlas artinya tulus dan bersih, adapun menurut istilah adalah mengerjakan suatu kebaikan dengan semata-mata mengharap Ridho Alloh SWT.

Bagi org ikhlas, suatu perbuatan baik, tdk harus dikaitkan dengan imbalan atau balasan, apalagi hal itu diharapkannya dari manusia atau org yg diberi kebaikan oleh kita, melainkan hanya semata-mata ingin mendapartkan Ridho Alloh SWT, jadi dengan demikian meskipun tdk mendapatkan imbalan apapun, dari pihak manapun, ia akan tetap melaksanakan perbuatan baiknya Itu.

Ikhlas adalah sikap perbuatan yg timbul karena adanya keinginan sendiri, bukan karena perintah atau paksaan org lain. Jika mengerjakan sesuatu karena sesuatu atau karena Imbalan maka berlum bsa dikatakan ikhlas, bahkan termasuk perbuatan Riya kalau amal tersebut ia laksanakan karena sesuatu....

Sikap ikhlas ini penting bagi setiap muslim, sebab hidup ini akan terasa berat bagi org yg tdk ikhlas, Namun sebaliknya akan terasa ringan dikerjakan bagi mereka yg berhati ikhlas dan tulus, perilaku ikhlas ini akan mendatangkan keuntungan bagi pelakunya antara lain :

1. Pekerjaan akan terasa ringan dan menyenangkan, sebab dilakukan dengan senang hati, dan sepenuh hati.

2. Bekerja tanpa beban dan paksaan karena yg memerintah Hati nuraninya bukan orang lain atau Hawa Nafsunya.

3. Semakin banyak berbuat kebaikan, semakin senang hatinya karena telah mampu menolong banyak Orang.

4. Mengerjakan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

5. Bebas dari harapan Utk dipuji orang lain Riya.

6. Melakdsanakannya dengan penuh pengabdian.

" Sesungguhnya kami menurunkan kitab (Al qur an) kepadamu (Muhammad) dengan (membawa) kebenaran. Maka sembahlah Alloh dengan tulus ikhlas beragama pada-Nya. Ingartlah ! Hanya milik Alloh agama yg murni (dari Syirik) ...
( Az Zumar : 2-3 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar