Minggu, 25 November 2018

SIKAP, SIFAT, DAN KEPRIBADIAN ROSULULLAH SAW

SIKAP, SIFAT, DAN KEPRIBADIAN ROSULULLAH SAW


Sayyid Seif Alwi Ba 'Alawy

Menurut beberapa definisi dari para sahabat Baginda Rasulullah Saw tentang fisik Baginda Rasulullah Saw.

*Sahabat annas bin Malik RA,Kana Rosulullah Saw pribadi Baginda Rasulullah Saw adalah Beliau bukanlah manusia yang berbadan tinggi dan tidak pula berbadan pendek namun berperawakan sedang dan warna kulitnya tidak bule,tidak kulit pucat,tidak berwarna gelap namun berkulit kecoklatan dan rambut Baginda Rasulullah Saw itu tidak keriting,tidak pula lurus seperti di rebonding,namun beliau memiliki rambut yang bergelombang dan ikal. Di rambut kepala Baginda Rasulullah serta janggutnya tidak lebih dari 20 helai rambut yg berwarna putih (uban). Tubuh Baginda Rasulullah itu bagus sekali, Rosulullah jika berjalan tubuhnya bergoyang seperti peragawan.

Dimana Allah SWT mengutus beliau menjadi seorang Rosul, mengangkatnya menjadi seorang Rosul di umur 40thn. Baginda Rasulullah Saw tinggal di Mekkah hingga 10thn dan di Madinah pun sekitar 10thn juga,akan tetapi jika secara umum berarti sekitar 13thn, dan Allah SWT mewafatkan Baginda Rasulullah di kisaran umur 60thn,yg tepatnya umur 63thn.

*Hadist imam Tarmidzi, Hambali, Ahmad, Malik menurut mereka pribadi Baginda Rasulullah Saw adalah seorang pria yang berperawakan sedang, pundaknya lebar. Ketika beliau berkuda pun tegap terlihat gagah,barbagai gerakan bisa di peragakannya dengan sempurna. Rambut Baginda Rasulullah tebal dan lebat hingga menjulur kebawah telinga dan Baginda Rosulullah Saw pernah memakai pakaian jubah berwarna merah (maka laki-laki pun tidak mengapa memakai baju berwarna merah)
Rosulullah Saw kekar tulang kepalanya,tidak besar tidak pula kecil, sangat pas dengan tubuhnya,tulang tulang persendianya kokoh lebat bulu dadanya pernah terlihat oleh para sahabatnya.
Aku tidak pernah melihat seseorang yang lebih tampan lebih indah perawakannya di bandingkan dengan Rosulullah Saw,apabila kita dapat melihat wajah Rosulullah Saw seraya ada matahari di wajahnya sehingga ada yang mengira wajah Rosulullah Saw bersinar seperti matahari dan ketika beliau tersenyum seolah olah ada rembulan yg berputar di sekeliling wajah Rosulullah Saw.
Telapak tangan dan kaki itu tebal,namun lembut. Rosulullah Saw selalu membantu pekerjaan istrinya bahkan beliau menjahit bajunya sendiri.
Itulah sifat Rosulullah Saw mandiri, penyayang terhadap keluarganya,tidak semenarik menarik kepada sesama umat, padahal beliau seorang Rosul lebih tinggi dari kita tetapi tidak selalu minta di layani,bagiku indah sifat Rosul.
Rosulullah Saw hidup penuh dengan CINTA.

Suatu ketika Rosulullah Saw di hina oleh penduduk rohis dan di lempar batu, kotoran, Rosulullah Saw menangis pada saat itu sambil tersungkur dan menengadahkan kedua tangannya ke arah langit sambil berkata " Ya Robbi Engkaulah hati yang maha mulia,akulah hamba mu yang hina bersimpuh kpd-Mu ya Allah,aku mohon ampun atas segala kelalaian, kekurangan dan kelemahan ku,maka hamba serahkan segala sesuatu kpd-Mu, Engkau maha melindungi, Engkau dzat ya Rahman ya Rohim.
Pada saat Rosulullah Saw merasakan kepahitan dengan keindahan kata-katanya kepada Allah SWT kemudian malaikat Jibril hadir.
"Ya Rosul,jika engkau mau maka dua gunung itu akan aku himpitkan untuk orang-orang rohis."
Maka Rosulullah Saw menangis "ya Jibril,aku di utus bukan untuk membinasakan makhluk atau manusia. Beliau menahan air mata yang hampir menetes ke tanah,hal itu di saksikan sahabatnya.
"Kenapa kau tahan air mata mu yang hampir menetes?"
Rosulullah Saw menjawab "andaikan air mata kesedihan ini jatuh ke bumi,maka bumi akan menggulung mereka,aku di utus oleh Allah SWT tidak untuk menggulung manusia,aku di tugaskan untuk membuat cahaya Rahmat kepada hamba-Nya.
*Perjuangan itu Berat*
فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهُ
,وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَُٗهُ
"Barang siapa yang mengerjakan kebaikan sebesar dzarrahpun niscahya dia akan melihat  [balasan]nya""Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun niscahya dia akan melihat [balasan] nya." (QS. Al zalzalah ayat 7 dan 8)

Ketika ada sahabat yang tersakiti olehnya maka Rosulullah Saw siap bertanggung jawab,walau dalam hal kecil.

Sayyidina Ali berkata "tidak ada seorang pun yang menyerupai kesempurnaan beliau, bahkan dari keturunannya sekali pun. Walaupun fisik dan rupa kita tidak mirip dengan Rosulullah Saw semoga akhlak mulia dan sifat-sifat Rosulullah Saw bisa untuk di contoh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar