Kamis, 22 Agustus 2019

Sholawat Awwalin wal Akhirin di baca Pagi dan Sore

Rahasia 3 Kali Membaca Sholawat Awwalin wal Akhirin di Pagi dan Sore


SHOLAWAT adalah bacaan do'a yang di tujukan kepada Nabi Muhammad Saw. bisa di ucapkan, di baca oleh siapa saja, sholawat banyak Macam ragamnya, dan sholawat merupakan pengawal bagi do’a-do'a.

Kususnya Sholawat Awwaliin wal Aakhiriin begitu banyak khasiat dan manfaatnya menurut Para Imam dan 'ulama serta Rosulullah sendiri. Sholawat ini sering dibacakan oleh para Imam di masjid-masjid saat hendak berdo'a sehabis Sholat, atau majlis, Sholawat ini juga bisa kita baca setiap hari dan kesempatan.

Keutamaan Sholawat Awwalin wal Akhirin

Imam as-Suja'i berkata; "Imam Said Bin Atharid menyebutkan: Siapa saja yang membaca shalawat ini 3 kali di waktu pagi, dan 3 kali di waktu sore, maka Insya Alloh akan di ampuni dosa-dosa dan segala kesalahannya berguguran", serta akan ditetapkan kesenangan baginya, dikabulkan doa-doanya, di ijabah segala cita-citanya, dan akan ditolong-dijauhkan dari bala bencana.
Insya Alloh..


SHOLAWAT AWWALIN WAL AKHIRIN

اَللّٰهُمَّ صَلٌِ عَلٰى سَيِّــدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلأَوَّلِــــيْنَ, وَصَلٌِ عَلٰى سَيِّــدِنَا مُحَمَّدٍ فِى اْلآخِرِيْنَ, وَصَلٌِ عَلٰى سَيِّـدِنَا مُحَمَّدٍ فِى النَّـــبِـــيِــــيْنَ, وَصَلٌِ عَلٰى سَيِّــدِنَا مُحَمَّدٍفىِ الْـمُرْسَلِـــيْنَ, وَصَلٌِ عَلٰى سَيِّــدِنَا مُحَمَّدٍ فِى الْـمَلٓإِ اْلأَعْلٰى إِلٰى يَــوْمِ الدِّيْنِ

Allahumma sholli 'ala sayyidinaa Muhammad fil awwaliin wasolli alaa Sayyidinaa Muhammadin fil akhiriin washolli 'alaa Sayyidina Muhammadin fin Nabiyyiin washolli 'alaa Sayyidina Muhammadin fil Mursaliin washolli 'alaa Sayyidiinaa Muhammadin Malaa'il a'laa ilaa yaumiddiin.

Artinya:

"Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan orang-orang dahulu, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan orang-orang ke-mudian, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di-kalangan para nabi, limpahkanlah shalawat kepada Muhammad dikalangan para rasul, dan limpahkanlah shalawat kepada Muhammad di kalangan arwah hingga Hari Kiamat."

Keterangan :

Sholawat Awwalin wal Akhirin ada beberapa jenis kalimah (versinya) ada yang pakai lafadz "sayyidina" dan yang tidak, menurut riwayat ada yang lebih pendek dan ada yang lebih lengkap. Lafadz diatas ialah merupakan yang paling lengkap dan menggunakan "sayyidina" (intinya sama-sama saja)

Sholawat ini bisa di persingkat dan tanpa lafadz "Sayyidina" menyerupai berikut :

أللهم صلٌِ على محمدٍ وعلى آلِ محمد في الأولين والآخرين وفي الملأ الأعلى إلى يوم الدين .

dan sibawah ini pakai "sayyidina" namun singgkat.

أللهم صلٌِ على سيدنا محمدٍ وعلى آلِ سيدنا محمد في الأولين والآخرين وفي الملأ الأعلى إلى يوم الدين

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad Wa Ala Ali Sayyidina Muhammad fil awwalin wal akhirin wa fil Mala-il A'la ila yaumiddin.

Penggalan Kisah mengenai Sholawat Awwalin wal Akhirin

Imam Muhammad as-Sakhawiy menyebutkan dalam kitab al-Qoulul Badi' fis Shalat Alal Habib as-Syafi' halaman: 56, diriwayatkan dari Abul Hasan al-Bakriy dan Abu Umarah Bin Zaid al-Madaniy dan Muhammad Bin Ishaq al-Muthallibiy mereka berkata: Tatkala Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berada di Masjid, tiba-tiba datang seseorang lelaki menggunakan penutup wajah hingga ia membukanya dan mengucapkan salam kepada Rasulullah: Salam atas engkau Ya Rasulallah, orang yang memiliki kemuliaan yang tinggi dan kedermawanan yang luhur. Rasulullah pun pribadi menjawab salam dan kemudian mempersilahkan ia duduk di tengah-tengah antara Rasulullah dan Sayyidina Abu Bakr as-Shiddiq Radhiyallahu Anhu. Lalu Sayyidina Abu Bakr memperhatikan lelaki itu dan berkata: Ya Rasulallah, karena apa gerangan lelaki ini kau berikan posisi kawasan di tengah-tengah antara engkau dan aku, padahal sejauh pengetahuanku tidak ada orang yang paling kau cintai di muka bumi ini melainkan diriku? Rasulullah menjawab: Barusan Jibril menunjukkan saya kabar baru bahwa lelaki ini membaca sholawat kepadaku dengan menggunakan sholawat yang belum pernah dibaca oleh seorang pun di alam ini. Sayyidina Abu Bakr bertanya: "Bagaimana sholawat yang ia baca? Agar diriku bisa membaca shalawat menyerupai yang ia baca. Rasulullah menjawab:

أللهم صلِ على محمدٍ وعلى آلِ محمد في الأولين والآخرين وفي الملأ الأعلى إلى يوم الدين .

Sayyidina Abu Bakr bertanya: Ya Rasulallah, apa keutamaan pahala shalawat tersebut? Rasulullah menjawab: kau menanyakan hal yang saya sendiri tak bisa untuk menghitungnya, seandainya lautan menjadi tinta, pohon-pohon menjadi pena dan seluruh malaikat menjadi juru tulisnya pastinya mereka tak akan sanggup untuk mencatat pahala shalawat tersebut."

(Riwayat ini dikutip oleh imam Ibnul Jauziy dalam kitab al-Muthrib).

Di simpulan artikel kita baca terjemahan dari sholawat ini saja, mudah mudahan kita dapat berkah-nya.

Sholawat Awwalin wal Akhirin

"Ya Allah, berikan rahmat yang diiringi ta'zhim kepada pemimpin kami Nabi Muhammad dan keluarga dia seada-adanya shalawat yang diucapkan makhluq yang Kau ciptakan kelompok awwalin (yang terdahulu) dan akhirin (terkemudian) dan sebanyak makhluq yang ada di langit hingga hari qiyamat." Amiin...!


(Waalloohu'alam Bisshowab)

Wassalamu'alaikum..wr.wb!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar